Opsi

Senin, 06 Desember 2010

Macam-Macam Situs

Internet memiliki berjuta situs yang tampaknya luar biasa bervariasi. Namun, pada dasarnya situs-situs dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:

1.      Situs Statis
Situs statis ialah situs yang hanya berupa pemaparan informasi. Pengguna secara pasif menerima informasi yang  disampaikan.Misalnya : situs brosur elektronik (e-brochure) dimana penguna hanya dapat membaca layanan yang ditawarkan oleh perusahaan elektronik, situs Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan alamat situs (www.dikti.org) dimana pengguna dapat membaca inforamasi yang disediakan oleh organisasi.

2.      Situs Dinamis
Situs dinamis ialah situs yang dapat menampilkan informasi berbeda kepada pengguna yang berbeda pula, namun pengguna pun masih secara pasif menerima informasi yang dipaparkan.
Misalnya : situs yang dapat menyapa pengguna dengan nama pengguna pribadi, contohnya: situs Yahoo!Mail mail.yahoo.com dimana tiap pengguna yang login disapa dengan nama sesuai nama login pengguna.

3.      Situs Interaktif
Situs interaktif ialah situs yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara aktif dengan situs. Misalnya : situs e-commerce dimana pengguna dapat secara aktif memilih barang yang ingin dibeli, lalu membayar secara online. Contoh: Penerbit ANDI di (www.andipublisher.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar